Gas yang membara

Gas yang membara

Diperbarui • 2023-11-17

Seperti minyak, gas alam adalah hasil dari bahan organik yang membusuk, biasanya dari mikroorganisme laut purba, yang terkumpul selama 550 juta tahun terakhir. Sering kali gas dan minyak ditemukan berdekatan, yang terletak jauh di bawah tanah. Karena alasan itu, harga mereka terkadang berkorelasi. Namun, harga gas meroket dengan kecepatan yang luar biasa selama beberapa minggu terakhir. Gas telah naik lebih dari 17% sejak tanggal 18 Agustus. Apa yang menyebabkan pergerakan seperti itu dan bagaimana kita dapat meraup profit dari trading gas?

Berita terbaru:

  • Badai Ida menghentikan produksi minyak dan gas.
  • Pertemuan OPEC+ diperkirakan akan menahan peningkatan produksi minyak.
  • Harga gas alam meningkat tajam dalam seminggu terakhir, dengan kontrak berjangka mencapai level tertinggi dalam dua tahun karena peningkatan inflasi dan pengurangan produksi.

Apa yang memengaruhi harga gas?

Penilaian pasar Gas Bumi harus dimulai dengan poin-poin dasar. Biasanya, ada beberapa alasan mengapa harga komoditas berubah:

  • Hukum penawaran dan permintaan menentukan harga, seperti halnya di hampir semua komoditas.
  • Sebagai tren umum jangka panjang, pasokan minyak dan gas berkualitas tinggi adalah tetap, sementara permintaan global bertambah dengan meningkatnya populasi dan pertumbuhan ekonomi.
  • Ada konsensus bahwa dunia sedang menghadapi perubahan struktural, didorong oleh transisi energi dan minat perusahaan untuk mengurangi jejak karbon mereka.

Mari kita membahas alasan di atas untuk membuat perkiraan harga gas alam. Untuk saat ini, permintaan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Antara tahun 2009 dan 2020, konsumsi gas global melonjak 30% karena utilitas dan industri mengambil keuntungan dari produksi yang melonjak. Bahkan dalam situasi covid-19, para ahli memperkirakan permintaan akan meningkat lebih banyak dalam 10 tahun ke depan.

imgonline-com-ua-Resize-0MgbinYMDYA6.jpg

Sumber: https://www.iea.org/data-and-statistics/charts/global-natural-gas-demand-by-scenario-2010-2030

Mengenai alasan ekologi, perusahaan dan negara menggunakan gas dalam pasokan listrik mereka. Pergeseran ke gas alam dapat dilakukan dengan relatif cepat dan murah sekaligus berdampak signifikan terhadap penurunan emisi. Gas alam adalah bahan bakar fosil yang paling bersih dan mengeluarkan CO2 hampir 50% lebih sedikit daripada batu bara. Sementara itu, alternatif bahan bakar non-fosil seperti angin dan matahari berada pada tahap yang relatif awal untuk menghasilkan energi yang cukup dan menawarkan harga yang murah.

Masa depan cerah untuk Gas

Di seluruh dunia, sudah ada tanda-tanda bahwa persediaan gas akan berkurang:

  • Di luar ekspansi besar-besaran di Qatar, beberapa proyek ekspor gas alam cair (LNG) baru telah dimulai sejak tahun 2020.
  • Pemerintah tidak yakin tentang kebijakan pengurangan emisi, oleh karena itu, produsen kurang bersedia untuk menandatangani kesepakatan pasokan jangka panjang.
  • Proyek pipa utama terkendala untuk bergerak maju, dan proyek pengeboran berada di bawah tekanan dari investor, yang ingin menghindari surplus gas. Selain itu, produsen utama gas alam memiliki terlalu banyak kekuasaan. Itu memungkinkan mereka untuk mengendalikan harga dan menyingkirkan pesaing yang lebih lemah.

 Bahkan jika harga akan naik lebih tinggi pada dekade berikutnya, itu tidak akan cukup untuk secara drastis mengurangi permintaan bahan bakar. Saat ini, kami hanya dapat mengatakan bahwa gas semakin tidak tergantung pada harga minyak dan tren ini akan terus berlanjut.

Analisis teknis

Mengenai grafik harga, gas alam AS akan mengalami peningkatan volatilitas dalam beberapa hari lagi. Untuk saat ini, harga berkonsolidasi dalam pola segitiga dan breakout akan menentukan arahnya. Dalam kasus pertumbuhan lebih lanjut, sangat mungkin untuk membentuk divergensi RSI. Itu akan menjadi tanda pullback.

Grafik 4-jam XNG/USD

Support: 5.60, 4.94, 4.20

Resistance: 6.30, 6.50, 7.00

XNGUSDH4.png

Untuk mentradingkan gas alam, kita membutuhkan sebuah strategi. Untuk memilikinya, kita perlu lebih memahami aset. Berikut adalah beberapa tips yang pasti akan membantu Anda.

  • Lihat artikel prospek energi jangka pendek di situs web kami untuk mengetahui tren terbaru.
  • Untuk menghitung risiko Anda, sebaiknya periksa spesifikasi untuk kontrak berjangka energi.
  • Analisis aset yang berkorelasi, seperti Brent dan minyak mentah. Harga cenderung berkorelasi di antara mereka.
  • Gunakan analisis teknis dan tentukan level support dan resistance untuk harganya.

Jika melakukan analisis trading dengan indikator teknis, opsi yang terbaik adalah indikator RSI, karena dapat menunjukkan divergensi antara indikator dan harga serta menemukan pembalikan lebih awal, dibandingkan yang lain.

Tidak ada pertumbuhan yang terus-menerus, dan meskipun harga gas telah meroket selama beberapa minggu terakhir, secara umum itu tidak memiliki volatilitas. Jadi ketika “Musim Gas” berakhir, pertimbangkan untuk mentradingkan mata uang kripto karena jauh lebih volatil. Selain itu, trading kripto beroperasi 24\7 dan Anda tidak perlu menunggu pembukaan pasar, cukup buka Platform Trading FBS atau MetaTrader, dan nikmati kemudahan akun trading kripto.

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara mentradingkan gas alam, jadi tunggu apa lagi?

MASUK

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera